Kemajuan Teknologi Touchscreen pada Handphone



Penjelasan:
Teknologi semakin bertumbuh sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman, apalagi dengan layar handphone yang makin sekarang makin bagus tentunya serta dengan teknologi-teknologi terbarunya. Gadget sekarang sudah bukan menjadi kebutuhan sekunder tetapi sudah menjadi kebutuhan primer bagi setiap orang. Karena dengan handphone kita bisa melakukan apa aja yang kita mau seperti berkomunikasi jarak jauh, berbelanja, berselancar di internet dan lain-lain, kita sebagai user dari handphone tentunya jika memilih gadget pasti melihat spesifikasi display yang digunakan, karena hal itu banyak perusahaan besar smartphone dunia yang tidak hanya mengembangkan sisi processor, chipset dan lain nya tapi juga mengembangkan sisi layar. Di sisi lain ada juga perusahaan yang berfokus pada pengembangkan pelindung layar yang mampu melindung layar smartphone dari gesekan maupun kotoran.
Layar sentuh (bahasa Inggris touchscreen) adalah sebuah perangkat input yang bekerja dengan adanya sentuhan tampilan pada layar menggunakan jari atau pena digital. Antarmuka layar sentuh, di mana pengguna mengoperasikan sistem komputer dengan menyentuh gambar atau tulisan di layar itu sendiri, merupakan cara yang paling mudah untuk mengoperasikan dan kini semakin banyak digunakan dalam berbagai aplikasi.

Cara kerja layar sentuh sebagai berikut:

1. Touch Sensor (Sensor Sentuh)
Sensor sentuh merupakan sebuah lapisan penerima input dari luar monitor. Sensor sentuh berupa sebuah panel terbuat dari kaca yang permukaannya sangat responsif jika disentuh. Sistemnya dibangun berdasarkan tiga tipe sensor, yaitu resistive, surface acoustic wave, dan capacitive. Semua jenis sensor ini memiliki cara kerja yang sama, yaitu menangkap perubahan arus dan sinyal-sinyal listrik yang ada pada sensor tersebut, merekamnya dan mengubahnya menjadi titik-titik koordinat yang berada di atas layar, sehingga posisi tepat dari sebuah sentuhan dapat langsung diketahui dengan benar.

2. Controller
Controller adalah sebuah perangkat yang menghubungkan sensor dengan perangkat yang akan di proses dengan sentuhan.

3. Software Driver

Software driver berguna untuk memberi informasi pada gadget agar merespon sentuhan di titik yang telah di tentukan untuk di sentuh oleh pengguna.

Kelebihan Teknologi Touchscreen :
1. Ukuran layar lebih luas
2. Kualitas layar lebih bagus
3. Desain lebih kompak
4. Pengoperasian yang lebih human


Kekurangan Teknologi Touchscreen :
1.  Jika kita ingin memberikan perintah yang kompleks misalnya mengetik dengan cepat suatu kalimat pada layar, kadang terjadi error yang diakibatkan software tidak mampu menterjemahkan apa yang kita input-kan.
2. Biaya perbaikan mahal, jika ceroboh bisa merusak layar touch screen gadget tersebut.
3. Baterai lebih boros, semakin luas layar, maka membutuhkan proses komputasi yang lebih banyak.
4. Pada teknologi touchscreen yang lama, sentuhan berbarengan pada beberapa titik sekaligus akan membingungkan software dalam memahaminya.

Kesimpulan :
Handphone (smartphone) adalah salah satu dari perkembangan teknologi. Dengan kecanggihan teknologi saat ini. Dari hasil pembahasan di atas dapat ditarik kesimpulan yaitu jika membeli handphone tidak hanya melihat dari sisi mesin, processornya, RAM atau GPU saja tetapi dari sisi layar atau displaynya patut di perhitungan karena smartphone sekarang sudah menjadi kebutuhan pokok mau tidak mau harus menggunakan smartphone untuk berbagai aktifitas karenanya sisi display ini sangat penting untuk membuat mata kita terbiasa bertatapan dengan smartphone berlama-lama.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sistem Cerdas di bidang Finansial atau Keuangan. Beserta Keuntungan dan Kerugian